October 6, 2011

Observasi pada Komet Memberi Petunjuk tentang Asal Usul Terbentuknya Lautan di Bumi


Hasil studi baru menunjuk bahwa komet Sabuk Kuiperlah yang telah melakukan layanan menghantarkan air, yang sebelumnya kurang dijadikan perhatian.

Para astronom telah menemukan sumber kosmik baru untuk jenis yang sama dengan air yang hadir di bumi miliaran tahun yang lalu dan menciptakan lautan. Temuan ini mungkin membantu menjelaskan bagaimana permukaan bumi akhirnya diliputi dengan air.
Pengukuran terbaru dari Herschel Space Observatory menunjukkan bahwakomet Hartley 2, yang berasal dari Sabuk Kuiper yang jauh, mengandung air dengan tanda alam kimiawi yang sama seperti lautan di bumi. Wilayah yang terpencil di tata surya ini, sekitar 30 hingga 50 kali lipat jaraknya antara bumi dan matahari, merupakan rumah bagi objek-objek es, berbatu termasuk Pluto, planet-planet kerdil lainnya dan komet-komet yang tak terhitung jumlahnya.
“Hasil studi kami dengan Herschel menunjukkan bahwa komet bisa memainkan peran utama dalam menghantarkan sejumlah besar air ke bumi awal,” kata Dariusz Lis, rekan penelitian senior dalam fisika di Institut Teknologi California di Pasadena dan penulis pendamping makalah dalam jurnal Nature, yang dipublikasikan secara online 5 Oktober. “Temuan ini secara substansial memperluas penampungan air seperti-laut bumi di dalam sistem surya untuk saat ini termasuk objek-objek es yang berasal dari Sabuk Kuiper.”
Pengukuran terbaru dari Herschel Space Observatory telah menemukan air dengan tanda alam kimia yang sama seperti lautan kita dalam sebuah komet yang disebut Hartley 2 (digambarkan di sebelah kanan). (Kredit: NASA/JPL-Caltech)
Para ilmuwan berteori bahwa bumi mulai memanas dan kering, sehingga air yang penting bagi kehidupan pasti telah dihantarkan jutaan tahun kemudian oleh tumbukan asteroid dan komet. Hingga saat ini, tidak ada komet yang sebelumnya dipelajari mengandung air seperti yang ada di bumi. Namun, pengamatan Herschel terhadap Hartley 2, melihat secara dalam keberadaan air pada sebuah komet dari Sabuk Kuiper.
Herschel mengintip ke dalam atmosfer gas koma, atau tipis, pada komet. Koma berkembang seiring bahan beku di dalam komet menguap selagi mendekati matahari. Amplop bersinar ini mengelilingi inti komet dan aliran di belakang objek dalam karakteristik ekor.
Herschel mendeteksi tanda air yang menguap dalam koma ini dan, yang mengejutkan para ilmuwan, Hartley 2 ternyata mengandung “air berat” sebanyak setengah dari komet-komet lainnya. Pada air berat tersebut, salah satu dari dua atom hidrogen normal telah digantikan dengan isotop hidrogen berat yang dikenal sebagai deuterium. Rasio antara air berat dan ringan, atau biasa, pada Hartley 2 adalah sama dengan air di permukaan bumi. Jumlah air berat pada komet ini terkait dengan lingkungan di mana komet terbentuk.
Dengan melacak jalur Hartley 2, para astronom tahu bahwa komet itu berasal dari Sabuk Kuiper. Lima komet selain Hartley 2 yang berasio air-berat-ke-reguler telah diketahui berasal dari area yang bahkan lebih jauh lagi dalam sistem tata surya yang disebut Awan Oort. Segerombolan objek ini, 10.000 kali lipat lebih jauh dari Sabuk Kuiper, merupakan mata air bagi komet-komet yang paling banyak didokumentasikan.
Mengingat rasio air berat lebih tinggi pada komet Awan Oort dibandingkan dengan lautan di bumi, para astronom menyimpulkan bahwa kontribusi oleh komet pada volume total air di bumi berada pada sekitar 10 persen. Asteroid, yang kebanyakan ditemukan pada sebuah gerombolan antara Mars dan Jupiter, namun terkadang menyasar ke bumi, tampaknya merupakan para deposan besar. Bagaimanapun juga, hasil studi baru menunjuk bahwa komet Sabuk Kuiperlah yang telah melakukan layanan menghantarkan air, yang sebelumnya kurang dijadikan perhatian.
Dengan menggunakan Herschel Space Observatory, para astronom telah menemukan bahwa komet Hartley 2 memiliki rasio "air berat" terhadap air ringan, atau normal, yang sesuai dengan apa yang ditemukan di lautan bumi. (Kredit: NASA/JPL-Caltech)
Bagaimana benda-benda ini bisa memiliki air masih merupakan teka-teki. Para astronom memperkirakan komet Sabuk Kuiper memiliki air bahkan lebih berat daripada komet Awan Oort karena kemudian diperkirakan telah terbentuk lebih dekat ke matahari daripada yang yang ada di dalam Sabuk Kuiper. Dengan demikian, tubuh Awan Oort pastilah memiliki lebih sedikit air berat beku yang terkunci di dalamnya sebelum mereka menyembur ke pinggiran seiring berevolusinya sistem surya.
“Studi kami menunjukkan bahwa pemahaman kita terhadap distribusi unsur-unsur paling ringan dan isotop mereka, serta dinamika tata surya awal, masih tidak lengkap,” kata penulis pendamping, Geoffrey Blake, profesor ilmu planet dan kimia di Caltech. “Dalam sistem awal tata surya, komet dan asteroid pasti telah bergerak di seluruh tempat, dan tampaknya beberapa dari mereka mendarat di planet kita dan membuat lautan kita.”
Kredit: NASA/Jet Propulsion Laboratory
Jurnal: Paul Hartogh, Dariusz C. Lis, Dominique Bockelée-Morvan, Miguel de Val-Borro, Nicolas Biver, Michael Küppers, Martin Emprechtinger, Edwin A. Bergin, Jacques Crovisier, Miriam Rengel, Raphael Moreno, Slawomira Szutowicz, Geoffrey A. Blake. Ocean-like water in the Jupiter-family comet 103P/Hartley 2Nature, 2011; DOI: 10.1038/nature10519

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

NEGARA-NEGARA YANG MELIHAT MY BLOG

free counters
 
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor