July 3, 2013

Transplantasi Sumsum Tulang 2 Pasien Sembuh dari HIV

Positif mengidap HIV (ilustrasi)
Positif mengidap HIV (ilustrasi)

WASHINGTON -- Dua pasien berhenti minum obat HIV setelah transplantasi sumsum tulang. Laporan dokter menyebutkan operasi tersebut tampaknya membersihkan virus dari tubuh mereka.
Salah satu pasien menghabiskan hampir empat bulan tanpa minum obat. Namun, tidak ada tanda-tanda virus kembali.
Tim dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita mengingatkan terlalu jauh untuk membicarakan tentang pengobatan karena virus dapat kembali. Namun, penemuan itu dipresentasikan pada Konferensi AIDS Society. 

Dalam laporan itu, sulit untuk menyingkirkan infeksi HIV karena mereka bersembunyi di dalam DNA manusia. Virus membentuk perlindungan tak tersentuh di dalam tubuh. Obat anti-retroviral menjaga virus dari aliran darah. Tetapi, ketika obat dihentikan, virus datang kembali. 

Kedua pasien laki-laki itu hidup dengan HIV selama sekitar 30 tahun. Mereka menderita kanker, limfoma, yang membutuhkan transplantasi sumsum tulang. 

Dilaporkan BBC, sumsum itulah merupakan tempat di mana sel-sel darah baru dibuat. Setelah transplantasi, tidak ada HIV yang terdeteksi dalam darah selama dua tahun pada satu pasien dan empat tahun di pasien yang lain.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

NEGARA-NEGARA YANG MELIHAT MY BLOG

free counters
 
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor