June 20, 2015

Inilah 7 Batu Akik Berbahaya Yang Bisa Picu Kematian

Batu akik masih menjadi idola namun bagaimana bila justru batu yang Anda temukan meski sangat menawan namun justru memicu kematian. Kenalilah! Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube ini ada tujuh bebatuan yang sering salah dimengerti, banyak yang mengira batu ini cocok sebagai perhiasan dan diubah menjadi mata cincin batu akik padahal kalau terhirup, nyawa melayang. Video ini memaparkan ada tujuh jenis batu akik yang berbahaya, akun dialyog khen mengunggah video ini pada 18 Juni 2015. Akun tersebut menjelaskan tujuh batu akik yang berbahaya ini dikutip dari djurnal.com yang mengupas hal ini sebelumnya.
Berikut tujuh batu akik yang berbahaya:
1. Arsenopyrite

Wujudnya sih sangat mirip dengan emas, kilauannya, warnanya. Namun, emas dan arsenopyrite sangatlah berbeda. 
Sebaiknya hati-hati bila menemukan batu seperti emas ini, ingat debunya mengeluarkan bau yang menyengat mirip bawang putih. Itu bukanlah emas melainkan arsenopyrite.Bebatuan yang mengandung racun arsenik sulfida, bila disentuh dan masuk ke tubuh, astaga bisa menyebabkan kematian. Demikian pula bila bebatuan ini dipanaskan. Akan muncul uap dari batu arsenopyrite ini baunya seperti bawang putih yangsangat kuat dan bisa mematikan. Beracun bahkan pemicu kanker.Untuk membedakan antara batu ini dan emas dengan memukulnya dengan batu. Apabila batu berbau bawang putih dan arsenik yang sangat menyengat, segera jauhi. Dan pastikan Anda tidak menghirup baunya terlalu banyak. Waspada!

2. Galena
Baru ini berwarna cantik dan snagat menggoda, Galena merupakan bebatuan dengan bentuk kubus perak serta berkilau.
Namun ingatlah dalam batu ini mengandung sulfur yang sangat reaktif dan berbahaya bagi penggunanya. Bahkan fakta menunjukkan banyak peneliti keracunan ketika melakukan penelitian terhadap kristal ini. lagi-lagi debu timbal pada galena yang secara tak sengaja terhisap, langsung meracuni tubuh hingga memicu kematian. Selain itu mineral ini mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan bagi orang yang berada di sekitar mineral ini.

3. Cinnabar
Batu kali ini, Anda harus hati-hati. Wow, warna merah sangatlah menggoda. Kristal ini memang terlihat  cantik dan indah.
Dari arti namanya saja, Cinnabar artinya ‘darah naga’. Kristal ini nama lainnya mercury sulfide. Terbentuk di dekat gunung berapi dengan komposisi merkuri yang tinggi.Warnanya yang sangat merah serta menawan hati justru menunjukkan betapa sangat berbahayanya batuan ini. Kristal ini mengeluarkan merkuri yang bisa menyebabkan tremor, tubuh bergetar, mati rasa hingga kematian jika tidak ditangani dengan benar.
Sekitar tahun 1700 mengirim orang bekerja di sebuah pertambangan yang mengandung cinnabar dianggap sama dengan hukuman mati bagi para pekerja itu. Meski demikian praktisi kesehatan masa kuno justru memercayai bahwa kristal ini memiliki daya penyembuh jika digunakan dalam kadar tepat.
4. Chalcanthite
Ini adalah kristal berwarna biru terdiri atas tembaga, belerang, air juga unsur lainnya. Walaupun unsur tembaga tidak berbahaya, tapi jika mengandung tembaga dengan jumlah sangat banyak, kristal ini bisa beracun untuk tubuh.Waduh! Tembaga yang terkandung dalam chalcanthite bisa larut dalam air dan apabila tembaga yang larut dalam air sangat banyak lalu dipakai untuk minum atau menyiram tanaman, maka ini adalah kematian yang perlahan, baik pad atumbuhan dan manusia.
Hanya dengan melepas sebongkah kristal biru ini ke kolam ganggang saja terbukti bisa menjadi ancaman lingkungan yang besar.Meski demikian karena keindahannya yang luar biasa dikabarkan banyak pengusaha berburu chalcanthite atau berupaya membuat tiruannya, tentu yang tidak berbahaya.
5. Stibnite
Wujudnya seperti perak dan bersinar seperti kristal logam. Tetapi ingatlah, batu ini mengandungi senyawa yang tak stabil dan bisa meracuni penggunanya.Astaga! Pada masa lalu Stibnite pernah digunakan sebagai bahan pembuat peralatan makan dan pedang yang berakhir pada kematian penggunanya.Hal tersebut diketahui setelah banyak yang keracunan makanan setelah menggunakan kristal ini sebagai bahan pembuat peralatan makan.Ingatlah untuk mencuci tanagn dengan bersih setelah memegang batu ini agar tidak keracunan.
 6. Torbernite
Duh julukannya saja mengerikan, Torbernite disebut sebagai kristal dari neraka.Batuan ini bentuknya prisma yang berwarna hijau indah.Tobernite terbentuk dari uranium rinciannya terbentuk dari reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air dan uranium.Wow kolektor kristal tergoda untuk mengoleksi meski sangat berbahaya lantaran warnanya yang snagatlah indah. Hati-hati!
Apabila terjadi pembusukan uranium di dalam, kristal ini mengeluarkan gas yang mengakibatkan kanker paru-paru secara perlahan-lahan.Sebaiknya jangan tergoda untuk menjadikannya koleksi.
7. Orpiment
Seperti yang lain, kristal ini memiliki warna yang menggoda.Tak jarang ada yang berminat untuk mengoleksi atau menjadikannya perhiasan.Ingat! Orpiment merupakan bebatuan yang sangat berbahaya.Terbuat dari campuran arsenik dan sulfur yang sangat reaktif.Hanya dengan memegangnya saja zat karsinogen terlepas dan bisa menjadi penyebab kanker pada tubuh hingga menyebabkan keracunan arsenik pada saraf.Mengerikan bukan?Bahkan dahulu kala bangsa China menggunakan mata panah yang sudah digosokkan pada kristal ini untuk meracuni musuhnya.Sama seperti arsenopyrite, orpiment juga mengeluarkan bau bawang putih yang kuat.Hal ini terjadi lantaran ada kandungan arsenik di dalamnya.Ingatlah untuk tidak memotong bebatuan ini.Bubuk serpihannya bisa sangat beracun terutama jika terkena sinar matahari.Dalam sebuah tragedi bebatuan ini pernah digunakan sebagai bahan cat hingga meracuni banyak seniman saat menggunakannya.
Video bisa dilihat di sini:
sumber: tribunnews.com

No comments:

 
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor