16 Juni 2013

10 Fenomena Bintang yang Menakjubkan

1. Garis X-ray Di Supernova Tycho
Gambar ini berasal dari Observasi Chandra yang sangat mendalam dari sisa-sisa super Tycho. X-ray bertenaga rendah (warna merah) memperluas puing-puing ledakan. Sedangkan X-ray warna Biru menunjukkan gelombang ledakan. Supernova seperti ini tidak pernah dilihat sebelumnya.

2. Supernova Casseopia A
Gambar ini menyajikan komposit sinar-X dari Chandra (merah, hijau, dan biru) dan data optik dari Hubble (emas) dari Cassiopeia A, sisa-sisa bintang raksasa yang meledak dalam supernova.
Inset : Sebuah guntingan dari interior bintang neutron, dimana kepadatan meningkat dari kerak (oranye) ke inti (merah) dan akhirnya ke wilayah di mana “superfluida” ada (bola merah dalam). 

3. Supernova Sharpnell di Dalam Meteroit 
Gambar ini menggabungkan data yang diambil dalam sinar-X. Nicolas Dhaupas, dai Univeritas Chicago, telah menganalisa kejadian ini dan memperkirakan bintang ini sudah berumur 4,5 miliar tahun. 

4. Bintang Baru Terbentuk 
Dalam gambar ini terlihat, partikel-partikel gas dari bintang yang sudah meledak, kembali bersatu membentuk sebuah bintang yang baru. 

5. Inti Bintang yang Hilang
Gambar ini diambil dari teleskop Hubble Tahun 2004, dan ada keanehan, yaitu bintang ini tidak memiliki inti sehinggan berbentuk seperti cincin 

6. Meledaknya Perut Sebuah Bintang 
Team Astronomi dari Universitas Collorado meneliti hubungan antara bintang yang berbentuk cincin dengan Supernova 1987A. 

7. Bintang Melepas Peluru Kosmik 
Dalam gambar dapat dilihat ada peluru kosmis terlepas dari sebuah bintang yang meledak. 

8. Bangkai Bintang Tersapu Angin
Sebuah gambar baru dari sinar-X Chandra NASA Observatory dan Spitzer Space Telescope menunjukkan debu dari sisa-sisa bintang runtuh.
Gambar komposit G54.1 0,3 menunjukkan sinar-X dari Chandra dengan warna biru, dan data dari Spitzer dalam warna hijau (panjang gelombang lebih pendek inframerah) dan merah-kuning (lagi panjang gelombang inframerah). 
Para ilmuwan berpikir bahwa pulsar (sumber putih di tengah) sedang tersapu oleh angin yang memanas sisa debu supernova. 

9. Perbandingan Dua Ledakan 
Gambar kiri ledakan bintang besar, dan gambar kanan ledakan bintang kecil. Ledakan bintang kecil lebih simetris, sedangkan ledakan bintang besar tidak simetris (asimetris). 

10. Ledakan Stellar 
 
Kesan ini artis material di sekitar bintang baru-baru ini meledak, dikenal sebagai Supernova 1987A (atau SN 1987A), didasarkan pada pengamatan yang untuk pertama kalinya mengungkapkan tampilan tiga dimensi dari distribusi bahan diusir.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor