May 10, 2012

Azerbaijan Berencana Membangun Gedung Tertinggi di Dunia

kat.




Azerbaijan berencana membangun gedung tertinggi di dunia, 3.645 kaki atau 1.111 meter, lebih tinggi dari Burj Khalifa (829,84 meter) di Dubai, UEA, maupun Kingdom Tower (303,3 meter) yang akan dibangun di Jeddah, Arab Saudi. Azerbaijan Tower direncanakan selesai tahun 2018-2019.

Azerbaijan Tower direncanakan memiliki 189 lantai. Gedung ini akan dibangun dalam serangkaian pulau buatan, yang disebut Kepulauan Khazar di Laut Kaspia, di lepas pantai Garadag, di barat daya Baku, ibu kota Ajerbaijan.

Perusahaan di balik pembangunan gedung tertinggi di dunia ini, Avesta Group, sudah membahas rencana ini dengan sejumlah perusahaan yang membangun menara Burj Khalifa di Dubai.

Pembangunan gedung-gedung di pulau buatan ini menghabiskan biaya 100 miliar dollar AS dan menara Azerbaijan Tower sendiri akan menelan biaya 2 miliar dollar AS.

"Mari kita berharap Azerbaijan Tower lebih baik dibandingkan Burj Khalifa, yang kini mengalami tekanan properti," tulis Adam Taylor dalam Business Insider, Jumat (10/2/2012).

Menurut World Fact Book, GDP per kapita Azerbaijan (tahun 2010) sebesar 10.900 dollar AS atau berada di urutan ke-100 dunia. Sumber daya alam negara ini adalah petroleum dan gas bumi. Jumlah penduduknya 8,3 juta (Juli 2011), dan 93 persen adalah Muslim (sebagian besar keturunan Turki), sisanya Rusia Orthodox 2,5 persen, Armenia Orthodox 2,3 persen.

Azerbaijan sebelumnya masuk dalam Uni Soviet, dan memproklamirkan kemerdekaannya tahun 1991 setelah Uni Soviet runtuh. Korupsi di negeri ini menyebar kemana-mana. Meskipun angka kemiskinan meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini, penerimaan negara dari produksi minyak terus meningkat.









Sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

NEGARA-NEGARA YANG MELIHAT MY BLOG

free counters
 
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor