October 16, 2011

Bakteri Baru yang Sangat Berbahaya


Bakteri jenis baru ditemukan di Inggris dan kemungkinan telah menyebar ke seluruh dunia. Bakteri ini tengah mengancam kehidupan manusia, karena tahan terhadap antibiotik paling ampuh sekalipun
Seperti dilansir BBC, bakteri ini ditemukan ketika para pakar medis tengah memeriksa kondisi pasien di sejumlah rumah sakit di Inggris baru-baru ini.
Bakteri ini dapat tahan terhadap antibiotik, karena dapat membuat enzim yang disebut NDM-1. Diduga bakteri super tersebut 'datang ke Inggris' karena dibawa oleh seorang pasien NHS yang sebelum sakit pernah bepergian ke beberapa negara di dunia, seperti India dan Pakistan, untuk melakukan operasi kecantikan.
Hingga berita dilansir, para pakar telah menemukan sedikitnya 50 kasus penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri jenis baru ini, dan mereka khawatir bakteri ini akan menyebar secara global. Karenanya, untuk mengantisipasi bakteri ini agar tidak merajalela, dibutuhkan pengawasan yang ketat dan obat-obatan baru yang dapat mengatasinya. Apalagi karena selain di Inggris, kasus serupa juga ditemukan di AS, Kanada, Australia, dan Belanda. 
Tak heran jika peneliti internasional mengatakan, NDM-1 bisa menjadi ancaman utama kesehatan global.
Saat ini, infeksi bakteri jenis baru ini sudah menyebar dari satu pasien ke pasien lainnya di rumah sakit di Inggris.



(sumber; kcm)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

NEGARA-NEGARA YANG MELIHAT MY BLOG

free counters
 
Solusi Cerdas Copyright © 2012 Blogger Template Designed by Fuji Kalor